TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN EFISIENSI BIAYA PADA UMKM DI KOTA MALANG

Luh Dina Ekasari

Abstract


Total Quality Management (TQM). Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara terus - menerus atas produk, jasa, manusia dan lingkungannya. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui efektivitas penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM SepatuMalang. 2) Untuk mengetahuipengaruh efisiensi biaya sebelum dan setelah penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM SepatuMalang.Adapun manfaat penelitian ini khususnya bagi perusahaan yaitu sebagai masukan atau informasi dalam rangka meningkatkan efisiensi biaya dan efektivitas pelayanan melalui penerapan Total Quality Management (TQM).
Hasil analisis menunjukkan bahwa UMKM Sepatu di Kota Malang telah menetapkan “Empat pilar TQM”, yang digunakan untuk penetapan standard kerja seluruh elemen yang terdapat di UMKM Sepatu di Kota Malang, empat pilar TQM tersebut yaitu meliputi synergistic relationships /hubungan sinergi, perbaikan terus menerus dan evaluasi diri, suatu sistem dari proses berkelanjutan dan kepemimpinan. Penetapan standar tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki perusahaan dalam melakukan efektivitas dan efisiensi atas biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan. Tingkat efisiensi biaya sebelum dan setelah penerapan Total Quality Management (TQM) pada UMKM Sepatu Malang menunjukkan adanya peningkatan, dimana pada tahun 2011 (sebelum menerapkan Total Quality Management (TQM) yaitu sebesar 114,416% dan meningkat menjadi sebesar 117,531% tahun 2012 atau setelah menerapkan Total Quality Management (TQM).
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian maka saran yang dapat diajukan diharapkan perusahaan untuk melaksanakan Total Quality Management (TQM) sebagai upaya untuk memaksimalkan kapasitas produksi pada perusahaan, pihak manajemen untuk memberikan dukungan secara maksimal agar pelaksanaan Total Quality Management (TQM) dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan pihak manajemen lebih memaksimalkan atas potensi yang dimiliki oleh perusahaan sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat secara maksimal dilakukan.

 


Keywords


Total Quality Management, Efisiensi Biaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Luh Dina Ekasari