IMPLEMENTASI PENGANGGARAN BERBASIS KINERJA

Supardi Supardi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh simultan variabel komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di P4TK PKn dan IPs Malang; menganalisis pengaruh dominan variabel komitmen organisasi, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di P4TK PKn dan IPs Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan tipe penelitian penjelasan (explanatory  research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil (PNS) PPPPTK PKn dan IPS Malang sebanyak 122 orang. Sampel dalam peneleitian ini diambil dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Sebanyak 30 kuesioner dinyatakan layak untuk dianalisa. Kuesioner terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) Komitmen Organisasi, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Efektifitas Kinerja pegawai di PPPPTK PKn dan IPS Malang; ii) Koefisien regresi gaya kepemimpinan lebih besar daripada koefisien regresi variabel lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa gaya kepemimpinan adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap efektifitas implementasi penganggaran berbasis kinerja di PPPPTK PKn dan IPs Malang.


Keywords


implementasi penganggaran, kinerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Supardi Supardi