PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Kinerja Karyawan di Koperasi BMT Al-Rifa’ie Gondanglegi Malang)

Moh. Imron

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: i) Untuk menganalisis pengaruh Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; ii) Untuk menganalisis pengaruh Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; iii) Untuk menganalisis faktor manakah dari Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie.

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie yaitu sebanyak 30 orang, dan seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel dengan metode sensus. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner terlebih dahulu diuji dengan menggunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 17.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; ii) Kepuasan kerja, Komitmen organisasi dan Motivasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie; iii) Kepuasan kerja merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Kinerja Karyawan Koperasi BMT Al-Rifa’ie.


Keywords


Kepuasan kerja, Komitmen organisasi, Motivasi, Kinerja Karyawan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Home Ejournal Uniga   |   Official Website Uniga  |  Contact Us

Copyright © 2016 Universitas Gajayana Malang. All Rights Reserved | OPEN JOURNAL SYSTEM modified PTI Uniga