LINGKUNGAN, STRUKTUR ORGANISASI, DAN SIKAP PEMIMPIN, ADAKAH KESELARASAN ? (Analisis hipotetis terhadap lingkungan Perguruan Tinggi Indonesia)

Abdul Wahid Syafar

Abstract


Tujuan dari makalah ini adalah untuk menggambarkan saling keterkaitan antara lingkungan, structur organisasi dengan sikap pemimpin. Perubahan lingkungan, menuntut perubahan struktur dan sikap pemimpin. Kelangsungan hidup organisasi pada pinsipnya tergantung pada kemampuan manajemen melakukan penyesuaian dengan perubahan tersebut.

Analisis dalam makalah ini didasarkan pada teori lingkungan organisasi yang dikembangkan oleh Emery and Trist (1965), tipe struktur oleh Burns and Stalker (1961) dan perilaku pemimpin (struktur inisiasi dan konsiderasi) oleh Cunningham (1966); nurturant and task oleh Sinha (1990); performance-maintenance oleh Misumi, (1989). Makalah ini adalah sebuah analisis hipotetis terhadap lingkungan dan struktur organisasi serta sikap pemimpin di lingkungan Perguruan Tinggi Negri (PT) di Indonesian.

Struktur organisasi PT cenderung mekanistik dengan perilaku pemimpin yang berorientasi tugas (inisiasi struktur) sementara lingkungan yang dihadapi adalah lingkungan yang dnamik bahkan bergejolak (turbulent). Secara teori, lingkungan organisasi yang dinamik bahkan bergejolak hanya cocok dengan struktur organik dengan perilaku pemimpin yang berorientasi hubungan (konsiderasi; maintenance; nurturant). Makalah ini sifatnya hipotetik, karena itu perlu ditelusuri lebih jauh keberlakuan teori ini bagi lingkungan, struktur organisasi dan perilaku pemimpin PT di Indonesia.


Keywords


lingkungan organisasi, perubahan, struktur organisasi, perilaku (sikap) pemimpin.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Home Ejournal Uniga   |   Official Website Uniga  |  Contact Us

Copyright © 2016 Universitas Gajayana Malang. All Rights Reserved | OPEN JOURNAL SYSTEM modified PTI Uniga