STRES, KOMUNIKASI DAN KINERJA PEGAWAI

Dyah Sawitri, Yani Prasetyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh secara simultan atas variabel-variabel stres kerja, komitmen pegawai, dan komunikasi terhadap kinerja pegawai; 2) mengetahui pengaruh secara parsial atas variabel-variabel stres kerja komitmen pegawai, dan komunikasi terhadap kinerja pegawai; 3) mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai variabel-variabel stres kerja, komitmen pegawai, dan komunikasi terhadap kinerja pegawai.

Penelitian ini dilakukan di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang dengan sampel sebanyak 102 PNS. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner yang diberikan langsung ke responden, Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: pertama, stres kerja, komitmen pegawai, dan komunikasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai; kedua, stres kerja, komitmen pegawai, dan komunikasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai; ketiga, stres kerja berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai.

Penulis juga mengemukakan beberapa saran, terutama bagi pihak Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan Kota Malang, yaitu untuk melakukan pendekatan individual, pendekatan organisasi, serta strategy untuk menghindari pemicu stress kerja karyawan.


Keywords


stres, komitmen pegawai, komunikasi, kinerja

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Home Ejournal Uniga   |   Official Website Uniga  |  Contact Us

Copyright © 2016 Universitas Gajayana Malang. All Rights Reserved | OPEN JOURNAL SYSTEM modified PTI Uniga