STUDI ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN DAYA SAING SEBAGAI PENENTU KINERJA PEMASARAN PADA UMKM PONDOK WISATA

Ernani Hadiyati

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki peranan penting dalam penciptaan kesempatan kerja dan motor penggerak utama dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Semakin meningkatnya budaya wirausaha akan mampu meningkatkan daya saing yang berdampak terhadap kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan merupakan suatu konsep yang mampu menentukan perilaku pengusaha UMKM sehingga mampu dalam memiliki daya saing dalam kegiatan usaha dan akan menentukan kinerja pemasaran. Tujuan studi adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi pemasaran dan daya saing sebagai penentu kinerja pemasaran.Lokasi penelitian di Kota Batu, Malang, Responden sebagai pemilik pondok wisata berjumlah 104 pengusaha sebagai pemilik atau manajer perusahaan.Model analisis yang digunakan dengan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan dan daya saing berpengaruh  signifikan terhadap kinerja pemasaran

Keywords


Orientasi kewirausahaan, daya saing, kinerja pemasaran dan UKM

Full Text:

full text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.