Studi Model Entrepreneurial Marketing dan Kinerja Usaha UKM Berbasis OVOP Dalam Menghadapi MEA di Propinsi Jawa Timur

Ernani Hadiyati

Abstract


Usaha Kecil Menengah memiliki peranan penting terhadap perekonomian di Indonesia. Pemerintah memberikan dukungan melalui berbagai program pemberdayaan UKM. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan menganalisis model dimensi entrepreneurial marketing terhadap kinerja usaha UKM. Lokasi penelitian pada UKM industri konveksi atau garmen di 6 kota dan dan kabupaten di Propinsi Jawa Timur. Jenis penelitiannya adalah riset eksplanatori dengan menguji hubungan antar variabel penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 67. Jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Teknik sampling yang dugunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dengan daftar  pertanyaan. Untuk mengukur tanggapan responden melalui daftar pertanyaan dengan skala likert. Metode analisa data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM)-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model dimensi Entrepreneurial Marketing berpengaruh terhadap kinerja usaha UKM. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pemikiran terhadap pemerintah, pengusaha UKM dan Akademisi.

Keywords


model, entrepreneurial marketing, kinerja usaha, UKM, garmen,

Full Text:

full text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.