Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tablet Android Pada Pelajaran Bahasa Inggris di SMK Harmoni Batam

Nyaris Untung Samodro

Abstract


Hasil ulangan harian untuk kompetensi dasar pertama pada kelas X Rekayasa Perangkat Lunak SMK Harmoni pada ajaran 2013/2014 untuk setingkat novice mendapatkan persentase ketuntasan belajar sebesar 27%. Penggunaan cassette listening sangat jarang sekali. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berdampak pada teknologi perangkat bergerak yang berguna untuk pendidikan. Guna membantu guru untuk menjelaskan materi, guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis tablet Android. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran berbasis tablet Android ini adalah menghasilkan media yang valid, efektif, dan praktis. Model dan prosedur pengembangan ini menggunakan langkah-langkah model 4-D (four-model), yang terdiri dari beberapa tahap yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Penelitian ini melaksanakan pada tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Tahap diseminasi tidak dikerjakan. Pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan validitas media. Data yang dibutuhkan untuk mengukur kepraktisan diambil dari angket kepraktisan oleh guru dan siswa. Sementara, data yang digunakan menentukan keefektifan diambil hasil belajar siswa. Dan pencapaian dari aktivitas dan motivasi belajar. Hasil dari observasi bahwa media berbasis tablet Android sudah valid dengan rata-rata 3,45. Praktikalitas oleh guru sebesar 94%, dan praktikalitas oleh siswa 91,1%, yang artinnya sangat praktis. Media berbasis tablet Android efektif yang ditunjukkan hasil belajar yang mencapai ketuntasan 96% dari 27%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis tablet Android pada pelajaran bahasa Inggris di SMK Harmoni Batam adalah valid, sangat praktis, dan sangat efektif

Keywords


pengembangan, media belajar, bahasa inggris, tablet android

Full Text:

full text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.