ANALISIS USABILITY (KEBERGUNAAN) APLIKASI WHATSAPP MESSENGER SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PADA GENERASI X, Y, Z

Authors

  • Rizqiyatul Khoiriyah Universitas Gajayana
  • Tantra Atanto Universitas Gajayana

Abstract

Whatsapp merupakan salah satu instant messaging yang tersedia di Indonesia. Hasil dari beberapa survey menunjukkan bahwa sampai dengan Januari 2017 Whatsapp memiliki pengguna yang paling banyak hingga mencapai satu (1) miliar pengguna di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis usability (kebergunaan) aplikasi Whatsapp Messenger sebagai media komunikasi pada generasi X,Y,Z. Usability diukur menggunakan tiga (3) aspek yaitu system, user dan interaction.
Penelitian dilakukan di daerah Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Teknik dalam pengambilan datanya dengan menggunakan pernyataan kuesioner yang diberikan kepada 65 responden. Serta menggunakan skala Likert untuk kuesioner dan skalaRating Scale untuk menganalisis hasil dari kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Berdasarkan penilaian dari 65 responden, didapatkan hasil yaitu pada generasi X(rentang usia 39 – 54 tahun), Y (rentang usia 25 – 38 tahun) dan Z (rentang usai 9 – 24 tahun) didapatkan hasil usability sebesar 3,56, 3,67 dan 3,77 yang berarti tingkat usability
(kebergunaan) aplikasi Whatsapp pada ketiga generasi termasuk ke dalam kriteria baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa usability (kebergunaan) aplikasi Whatsapp sebagai media komuniksi pada generasi X, Y dan Z adalah baik dan mudah digunakan dari sisi sistem (system) pengguna (user) dan interaksi (interaction).

 

Author Biographies

Rizqiyatul Khoiriyah, Universitas Gajayana

Fakultas Teknik dan Informatika

Tantra Atanto, Universitas Gajayana

Fakultas Teknik dan Informatika

Published

2021-10-01

Issue

Section

Articles