PENINGKATAN LAYANAN POSPAY DENGAN TEKNOLOGI BUSINESS PROCESS ANALYSIS (BPA) PADA PT. POS INDONESIA AREA KOTA MALANG

Penulis

  • Rizqiyatul Khoiriyah Universitas Gajayana

Abstrak

PT. Pos Indonesia memiliki layanan pos payment (pospay) atau System Online Payment Point (SOPP). Layanan pospay yang sudah berjalan harus terus ditingkatkan agar dapat berkembang dengan baik. Hal ini maka menjadi penting dilakukan analisis proses bisnis yang berjalan pada layanan pospay di PT. Pos Indonesia Area Kota Malang agar nantinya dapat diketahui dan diidentifikasi
peluang peningkatan proses bisnis yang lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses-proses bisnis yang berjalan pada layanan payment (pospay) dan mengidentifikasi peluang peningkatan proses bisnis layanan payment (pospay) pada PT. Pos Indonesia Kota Malang. Berdasarkan hasil analisis proses bisnis yang sedang berjalan maka ditemukan proses bisnis layanan payment (pospay) PT. Pos Indonesia area Kota Malang telah berjalan sesuai prosedur yang ada namun memiliki keterbatasan pada sistem antrian yaitu pelanggan yang akan melakukan pengiriman barang dan pembayaran pospay masih menggunakan antrian satu jalur. Dari kelemahan dan keterbatasan iniliah maka diusulkanlah proses bisnis dengan sistem antrian dua jalur namun juga dapat berjalan fleksibel dengan sistem antrian satu jalur sebelumnya. Dengan adanya sistem antriaan dua jalur yang diusulkan maka dapat mengefisien waktu serta dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang dapat dilayani petugas loket antrian PT. Pos Indonesia area Kota Malang. 

Biografi Penulis

Rizqiyatul Khoiriyah, Universitas Gajayana

Fakultas Teknik dan Informatika

Diterbitkan

2021-10-01

Terbitan

Bagian

Articles