Laporan PKM : Pelatihan TOEFL di Universitas Gajayana Malang

Authors

  • Pradnya Paramita Dewi Universitas Gajayana Malang
  • Yono Sulistyo Universitas Gajayana Malang

Abstract

TOEFL merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri seperti Amerika atau Negara lain di dunia. Tiga kemampuan yang harus dipersiapkan yaitu Listening, Structure dan Reading. Sesi pertama dalam ujian yaitu Listening Comprehension. Dalam kemampuan mendengarkan, kepekaan dalam mendengarkan sangat diperlukan. Mengingat sebagian besar orang Indonesia tidak menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Latihan terus menerus sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan kemempuan dalam Listening. Sesi selanjutnya adalah Structure. Sesi kedua mengasah kemampuan dalam Grammar bahasa Inggris secara keseluruhan. KemampuanĀ  menganalisa diperlukan untuk dapat menjawab soal-soal di sesi ini. Sesi terakhir adalah Reading Comprehension, dimana peserta dihadapkan dengan teks bacaan umum dan menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan baik tersirat maupun tersurat. Fokus
dan penguasaan kosa kata diperlukan dalam sesi ini. Untuk dapat menyelesaikan serangkaian soal, diperlukannya trik dan tips yang dapat dipakai untuk menaklukkan soal-soal ujian TOEFL.
Program Studi bahasa Inggris memberikan wadah bagi calon peserta ujian TOEFL untuk lebih mematangkan persiapan mereka. Peserta pelatihan terdiri beberapa instansi yang memeliki tujuan yang sama. Pelatihan ini dilaksanakan selama dua minggu dan dilakukan secara daring. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta menguasai trik dan tips untuk mengerjakan soal ujian.

Author Biographies

Pradnya Paramita Dewi, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya

Yono Sulistyo, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya

Published

2022-02-18

Issue

Section

Articles