Tindak Tutur dan Interaksi Strategis dalam film Godfather

Authors

  • Suyarmanto Universitas Gajayana Malang

Abstract

Studi ini menduga bahwa model tindak-tindak tutur (speech acts) yang ada dalam film trilogi The Godfather merupakan cerminan yang terjadi pada beberapa aspek interaksi strategis dalam konteks manajemen, sosial, ekonomi dan politik sehari-hari. Sebagai contoh, ujaran yang sangat terkenal dalam film The Godfather, “I’m gonna make him an offer he can’t refuse”, berdampak sangat kuat pada publik dunia dan telah dinobatkan sebagai ujaran dalam film yang paling diingat kedua sepanjang sejarah perfilman Amerika oleh American Film Institute. Ujaran itu merupakan  suatu ujaran  tindak tutur  yang harus dimaknai  dan  dipahami dalam  konteks interaksi strategis antara pembicara dan mitra tuturnya. Preferensi pengindonesiaannya adalah, “Saya akan beri dia tawaran yang dia tak bisa tolak”. Pertanyaan yang hendak dijawab dalam studi ini adalah: Macam tindak tutur dan interaksi strategis apa saja yang ada dalam film tersebut yang dapat disumbangkan pada dunia manajemen, ekonomi, sosial, dan politik?

Masalah penelitian itu akan dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Ujaran tindak tutur apa saja yang muncul dalam film The Godfather Trilogy dan dalam interaksi apa setiap ujaran tindak tutur itu muncul? (2) Bagaimanakah interaksi-interaksi strategis dalam film tersebut dimodelkan dalam kerangka Game Theory, dan prinsip-prinsip manajemen & ekonomi apa sajakah yang dapat dirumuskan dari film tersebut?

Pertanyaan ini akan didekati dengan analisis tindak tutur, analisis pragmatik untuk memerikan interaksi strategisnya, serta game theory untuk memodelkan dan merumuskan interaksi strategisnya menjadi prinsip-prinsip manajemen yang diaplikasikan dalam konteks manajemen, ekonomi, sosial, dan politik sehari-hari. Metode analisis tindak tutur dan analisis pragmatik   akan digunakan untuk   mengidentifikasi   tindak   tutur   dan   konteks   interkasi

strategisnya, dan game theory untuk memodelkan dan merumuskannya menjadi prinsip-prinsip manajemen. Studi ini menduga (berhipotesis) bahwa pada tingkat kesopanan tertentu, tindak tutur dalam film tersebut juga ada dalam kehidupan sehari-hari. Hasil akhir yang diharapkan adalah tersusunnya artikel jurnal dan buku 'Gaya Manajemen Godfather'.

Author Biography

Suyarmanto, Universitas Gajayana Malang

fakultas Ilmu Sosial dan Budaya

Published

2022-02-18

Issue

Section

Articles