Laporan PKM : ADMINISTRASI ALOKASI CADANGAN PIUTANG TAK TERTAGIH PADA KOPERASI SYARIAH KANINDO DI MALANG

Authors

  • Khanif Muzaqi Universitas Gajayana
  • Dwi Winarno Universitas Gajayana
  • Sri Hastuti Universitas Gajayana

Abstract

Administrasi Alokasi Cadangan Piutang tak tertagih Pada Koperasi Syariah Kanindo di Malang merupakan hal yang sangat diperhatikan, Piutang tak tertagih pada koperasi biasanya dilakukan dengan melakukan cadangan 3% dari jumlah piutang beredar, hal ini dirasa kurang mencerminkan jumlah sebenarnya atas piutang yang kurang lancar, maka perlu dilakukan pemahaman beberapa alternatif dalam melakukan pencadangan piutang tak tertagih. Penanganan administrasi dan system pengelolaan yang sesuai dengan kebutuhan koperasi dilakukan manajemen piutang baik.Manajemen koperasi  juga memerlukan langkah yang prefentif, maka harusdidukung juga dengan sistem pengendalian internal yang baik.

Administrasi terhadap Alokasi Cadangan Piutang tak tertagih dalam koperasi jugaberhubungan dengan Administrasi piutang memerlukan pengendalian  internal dalam pengalokasian cadangan piutang tak tertagih. Sistem Pengendalian internal yang handal dapat terwujud apabila ada pemisahan tugas dan tanggung jawab fungsional secara tegas dalam pencatatan piutang dan Alokasi cadangan piutang taktertagih atas arus uang masuk dari pelunasan piutang.Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang baik, adanya pelaksanaan kerja yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit organisasi serta adanya karyawan yang berkualitas.

Tujuan Pelatihan sebagai Pengabdian Masyarakat ini, yaitu untuk memberikan pelatihan teknis dalam adminstrasi pengelolaan Alokasi cadangan piutang tak tertagih. Pelatihan juga memberikan pengarahan untuk mengevaluasi sistem informasi akuntansi pada siklus piutang. Pelatihan ini dilakukan pada bulan juli 2022 dalam waktu 7 hari diKoperasi Kanindo Malang.  Metode Pelatihan ini yangdilakukan dgn cara memberikan tutorial teori selama 2 hari, selanjutnya dengan langkah pelatihan praktik administrasi piutang selama 4 hari dan langkah evaluasi administrasi piutang 4 hari, serta evaluasi pelaksanaan Pelatihan 1 hari. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan Peningkatan kinerja pengelolaan piutang,dan akhirnya dapat memperkecil timbulnya resiko piutang tak tertagih.

Hasil pelatihan ini menunjukan ketrampilan administrasi pengelolaan piutang tak tertagihdan menerapkan sistem pencatatan dan administrasi piutang dan alokasi cadangan piutangtak tertagih, serta pengendalian intern untukpiutangtak tertagih.

Author Biographies

Khanif Muzaqi, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dwi Winarno, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sri Hastuti, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2022-08-25

Issue

Section

Articles