ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT-OBATAN BERBASIS KOMPUTER DI APOTEK PEDIATREE MALANG

Authors

  • Ronny Hendra Hertanto Universitas Gajayana

Abstract

Persediaan adalah kunci utama dalam kegiatan operasional di apotek. Untuk mempermudah dalam pembelian persediaan obat-obatan, maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mengatur jalannya proses pembelian agar berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ada. Semua itu bertujuan untuk mengefektifkan kerja dan mengefisienkan waktu dalam rangka meningkatkan keuntungan.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami keunggulan dan kekurangan sistem serta prosedur pengendalian persediaan obat-obatan berbasis komputer dan memberikan solusi terhadap kekurangan pada sistem dan prosedur yang sudah dijalankan sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini adalah untuk menggambarkan atau menguraikan secara jelas mengenai pengendalian persediaan obat-obatan sesuai dengan kenyataan pada saat dilakukan penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat disimpulkan bahwa sistem dan prosedur pengendalian persediaan obat-obatan di Apotek Pediatree Malang sudah dilaksanakan dengan sistematis dan benar.

Author Biography

Ronny Hendra Hertanto, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2022-08-30

Issue

Section

Articles