ANALISIS EFEKTIVITAS SIMRS “KHANZA” DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK MUHAMMADIYAH MALANG: PERSPEKTIF TEORI KONTINJENSI

Authors

  • Maxi Ma'roep Universitas Gajayana Malang

Abstract

Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) “Khanza” merupakan sebuah sistem yang menyediakan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan. Penggunaan SIMRS Khanza di RSIA Muhammadiyah Malang sejak Tahun 2018. Penggunaan SIMRS ini dirasa belum dapat dimanfaatkan secara menyeluruh pada setiap bagian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas SIMRS Khanza dalam membantu pengambilan keputusan, utamanya adalah terkait pelaporan keuangan, yakni Laporan Kas.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data adalah wawancara mendalam, dengan informan utamanya adalah operator SIMRS ‘Khanza” bidang keuangan, yakni, Staf Kasir sebagai informan kunci dan informan triangulasi adalah Bendahara (Koordinator Kasir) dan Kabid. Keuangan dan Kabid. Administrasi.
Efektifitas SIMRS “Khanza” yang dilihat dari 8 (delapan) perspektif, yaitu relevan, waktu, ketelitian, kemanan data, variasi output, kualitas informasi, kualitas layanan, dan kepuasan pengguna. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SIMRS Khanza yang diterapkan di RSIA Muhammadiyah Malang belum efektif dalam hal relevan, waktu, variasi output, kualitas informasi dan kepuasan pengguna. Kualitas informasi keuangan di RSIA Muhammadiyah Malang yang dihasilkan oleh SIMRS Khanza belum berkualitas dalam hal keakuratan, relevan, lengkap, tepat waktu, dapat dipahami dan andal atau jujur. Hasil penelitian ini mendukung pernyataan teori kontinjensi bahwa tidak ada cara terbaik untuk mengatur korporasi, memimpin perusahaan atau membuat keputusan. Sebuah sistem informasi manajemen yang sama tidak dapat diterapkan di perusahaan yang berbeda, meski dalam satu industri yang sama. Hal ini dikarenakan masing-masing perusahaan akan memiliki konteks yang berbeda seperti lingkungan, struktur organisasi, sistem pemasaran, dan budaya.

Author Biography

Maxi Ma'roep, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles