PENGARUH BESARNYA MEDAN MAGNET DALAM ALIRAN FLUIDA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMANCE PEMBAKARAN

Agus Sudibyo, Sugeng Hadi Santoso, Agung Nugroho

Abstract


Gaya gerak listrik, telah banyak penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari, disamping untuk industri juga untuk peralatan elektronik. Karena gaya gerak listrik akan menghasilkan medan magnet yang akan membantu proses ionisasi dalam bahan bakar sehingga proses pembakaran bahan bakar lebih sempurna. Maka dalam penelitian ini di titik beratkan pada pengaruh gaya gerak listrik dinamik pada aliran bahan bakar biodisel terhadap temperatur pembakaran.
Akibat medan magnet yang ditimbulkan oleh gaya gerak listrik akan menimbulkan gelombang Far Infrared, yang akan memperkuat ikatan-ikatan struktur molekul bahan bakar yang bermuatan positif.
Medan magnet membantu proses Ionisasi didalam bahan bakar, ionisasi ini diperlukan agar bahan bakar dapat dengan mudah mengikat oksigen selama proses pembakaran. Jika proses ionisasi ini berjalan dengan baik maka proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Dalam proses ionisasi ini, akan menghasilkan terbentuknya molekul bahan bakar yang bermuatan positif sehingga pada saat pembakaran akan lebih cepat terjadinya proses pembakaran. Medan magnet akan menimbulkan gelombang Far Infrared, yang akan memperkuat ikatan-ikatan struktur bahan bakar yang bermuatan positif akibat proses ionisasi dan memposisikan ikatan tersebut secara beraturan. Hal ini menyebabkan mudahnya oksigen bereaksi dengan bahan bakar pada proses pembakaran.
Dengan adanya gaya gerak listrik akan meningkatkan temperatur pembakaran. Terjadinya peningkatan temperatur disebabkan oleh proses ionisasi bahan bakar akibat medan magnet yang dihasilkan oleh gaya gerak listrik. Gaya gerak listrik dinamik menyebabkan nyala api meningkat pada saat arus mengalir dan menurun pada saat arus listrik terputus. Arah arus listrik berpengaruh terhadap besarnya koefisien variasi temperatur pada masing-masing perlakuan.

Keywords


Gaya Gerak Listrik, Medan Magnet, Bahan Bakar

Full Text:

full text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.