ANALISIS PENILAIAN TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC PADA BANK UMUM BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015

Authors

  • Aditya Saputri universitas gajayana malang

Keywords:

Tingkat Kesehatan Bank, Bank Umum BUMN, Metode RGEC

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Bank Umum BUMN pada tahun 2013-2015 di nilai dari RGEC (Risk Profile, GoodCorporate Governance, Earnings, dan Capital) .Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.Dengan perolehan data melalui teknik dokumentasi. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena minat masyarakat yang tinggi untuk menginvestasikan dan mengelola dana yang mereka miliki pada Bank Umum BUMN maka dirasa perlu untuk dilakukan penilaian tingkat kesehatannya agar meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap bank milik pemerintah. Metode yang digunakan adalah RGEC meliputi faktor-faktornya dan teknik analisis data yang digunakan dengan pendekatan Risiko Risk-based Bank Rating.

Hasil penelitian selama tahun 2013-2015 Bank Umum BUMN pada faktor Risk Profile dengan menilai risiko kredit dengan menghitung NPL berada dalam kriteria sehat dan menilai risiko likuiditas dengan menghitung LDR di ketahui berada dalam kriteria cukup sehat. Kemudian pada faktor GCG selama tahun tersebut berada dalam kondisi cukup sehat.Pada faktor Earnings dengan menghitung rasio ROA dan NIM berada dalam kriteria sangat sehat.Adapun pada faktor Capital dengan menghitung nilai CAR berada dalam kondisi sangat sehat. Sedangkan untuk aspek RGEC secara keseluruhan sebesar 86,67 persen selama tiga tahun tersebut berada pada nilai komposit 1 dengan kriteria sangat sehat.

Author Biography

Aditya Saputri, universitas gajayana malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2017-11-20