ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN NASABAH, SALDO REKENING, DAN JAMINAN KREDIT TERHADAP PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA

Dinda Augusti Veransa

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dalam bidang ekonomi berdampak besar baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap perubahan dan dinamika lingkungan dunia usaha. Perubahan yang terjadi tersebut, antara lain semakin meningkatnya persaingan global, kemajuan dalam bidang teknologi informasi, peningkatan pelayanan yang lebih baik terhadap konsumen, temuan-temuan baru dalam organisasi manajemen dan terjadinya perubahan di bidang sosial, politik serta kebudayaan dalam lingkungan dunia usaha itu sendiri. Bank sebagai lembaga keuangan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa. Berbicara masalah keuntungan, aspek yang menentukan agar nasabah tertarik menggunakan atau meminjam kredit sebagai alat untuk penyediaan permodalan bagi masyarakat yang memerlukan dengan syarat yang ringan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Nasabah, Saldo Rekening, dan Jaminan Kredit secara simultan terhadap Pemberian Kredit Modal Kerja Pada BRI KCP Gajayana Malang dan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Nasabah, Saldo Rekening, dan Jaminan Kredit secara parsial terhadap Pemberian Kredit Modal Kerja Pada BRI KCP Gajayana Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalahjenis penelitian eksplanatori. Penelitian explanatory yaitu suatu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian dan pengujian hipotesa, sehingga penelitian ini juga sering disebut penelitian pengujian hipotesa, yaitu penelitian yang menganalisis hubungan antar variabel-variabel yang dirumuskan.
Hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan apabila variabel pendapatan nasabah, saldo rekening, dan jaminan kredit secara bersama-sama atau secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan bank pada nasabah dalam memberikan kredit modal kerja.
Hasil hipotesis 2 menunjukkan apabila masing-masing variabel independent yang digunakan dalam penelitian ini secara parsial atau individual yang meliputi variabel pendapatan nasabah, saldo rekening, dan jaminan kredit mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan bank pada nasabah dalam memberikan kredit modal kerja.

Keywords


Pendapatan Nasabah, Saldo Rekening, Jaminan Kredit, dan Pemberian Kredit

Full Text:

fulltext

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang