PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI (Studi pada Pegawai Politeknik Negeri Malang) (EFFECT OF LEADERSHIP STYLES ON EMPLOYEE SATISFACTION) (Study on State Polytechnic of Malang Staff)

Muslikh Anom Mukti

Abstract


Dalam organisasi publik, bawahan bekerja selalu tergantung pada pimpinan. Suatu organisasi membutuhkan pemimpin yang efektif, yang mempunyai kemampuan mempengaruhi perilaku anggotanya atau anak buahnya. Jadi, seorang pemimpin akan diakui sebagai seorang pemimpin apabila ia dapat memberi pengaruh dan mampu mengarahkan bawahannya ke arah tujuan organisasi. Kualitas dari pemimpin seringkali dianggap sebagai faktor terpenting dalam keberhasilan atau kegagalan organisasi demikian juga keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan baik yang berorientasi bisnis maupun publik, biasanya dipersepsikan sebagai keberhasilan atau kegagalan pemimpin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan dan menjelaskan pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap kepuasan kerja pegawai Politeknik Negeri Malang. Variabel independen yang digunakan adalah Gaya Kepemimpinan, dengan menggunakan kategori Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Gaya Kepemimpinan Direktif dan Gaya Kepemimpinan Supportif sedangkan variabel dependen yang diteliti adlah kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan 54 responden pegawai Bagian Administrasi dan Umum Politeknik Negeri Malang dengan metode pengambilan data dengan metode kuesioner dan analisis metode regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Gaya Kepemimpinan Direktif dan Gaya Kepemimpinan Supportif secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Gaya kepemimpinan partisipatif, Gaya kepemimpinan direktif dan Gaya kepemimpinan supportif secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai. Variabel Gaya kepemimpinan direktif merupakan variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan kerja pegawai.

Keywords


Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja

Full Text:

fulltext

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang