ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015

Lazuardi Yudha Pradana

Abstract


Analisis laporan keuangan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan selama periode berjalan. Berhubungan dengan hal tersebut, penelitian bertujuan untuk meneliti secara empiris apakah rasio rasio laporan keuangan : Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turnover (TATO), Gross Profit Margin (GPM), Return On Asset (ROA), Debt Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap pertumbuhan laba perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015.
Populasi dalam penelitian kali ini adalah perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2010-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling (dengan kategori samping adalah perusahaan yang tidak mengalami kerugian selama periode penelitian. Model penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu data yang berkenaan dengan angka-angka yang m,asih memerlukan pengolahan dan analisis untuk kepentigan penelitian.Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengunduh data laporan keuangan perusahaan dari website www.idx.co.id. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kali ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan rasio keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan laba perusahaan, dan secara simultan Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Keywords


Analisis Laporan Keuangan, Quick Ratio (QR), Net Profit Margin (NPM), Total Asset Turnover (TATO), Gross Profit Margin (GPM), Return On Asset (ROA), Debt Equity Ratio (DER) dan pertumbuhan laba.

Full Text:

fulltext

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang