STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN JASA SALES PROMOTION GIRL (SPG) DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN” PADA PERUSAHAAN AGENCY SPG PT. TRILOGI ARTA CIPTA MALANG

Eric Wisnu Baskara

Abstract


Saat  ini  kita  hidup  di  jaman  modern,  setiap  hari  kita  banyak  terbantu  oleh
berbagai  jenis  produk  jasa  yang  di  tawarkan,  misalnya  jasa  transportasi,  jasa
pengiriman  paket,  telekomunikasi,  pendidikan,  perhotelan,  pariwisata  dan  lain-lain.
Di  jaman  modern  saat  ini  mendorong  sikap  konsumen  dalam  berperilaku  memilih
produk  yang  akan  di  beli  atau  di  konsumsi,  hal  ini  merupakan  kecenderungan  atau
merupakan masalah psikologis yang ada pada setiap diri manusia.
Sementara dari sudut pandang perusahaan, keadaan tersebut merupakan suatu
peluang  yang  harus  di  masuki  berkenaan  dengan  tingkat  kebutuhan  konsumen  dan
jenis usah yang di jalankan, untuk saat sekarang ini usaha dalam bidang produk jasa
cenderung meningkat diantaranya adalah jasa penyalur SPG (  Sales Promotion Girl).
Setiap  perusahaan  harus  dapat  memenuhi  kebutuhan  konsumen  serta  berorientasi
pada  kepuasan  dan  pelayanan  yang  berkualitas  baik  pada  pelanggan  sebagai  tujuan
utamanya.
Perusahaan  harus  berusaha  menguasai  pasar  semaksimal  mungkin  agar
memperoleh  profit  yang  maksimal.  Untuk  dapat  meningkatkan  keuntungan  yang
maksimal perusahaan harus memiliki keunggulan dalam bersaing, di era globalisasi
ini  keunggulan  bersaing  sangat  diperlukan,  sebab  kalau  tidak  perusahaan  akan
mengalami  kesulitan  untuk  berkembang  bahkan  untuk  bertahan  sekalipun.
Keunggulan  besaing  merupakan  suatu  yang  memungkinkan   sebuah  perusahaan
memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dari rata-rata keuntungan yang di peroleh
para pesaing
Terdapat bermacam-macam strategi pemasaran.  Salah satu strategi yang apat
dipakai  atau  di  terapkan  untuk  dapat  mempertahankan  dan  meningkatkan  kepuasan
konsumen  adalah  strategi    relationship  marketing  (payne,  2001:15).  Strategi  ini
merupakan suatu cara untuk dapat memperdalam hubungan dengan konsumen serta
membina hubungan tersebut secara terus menerus dan berusaha bekerja sama dengan
konsumen agar keduanya saling menguntungkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang