PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA JASA PENGIRIMAN DI JNE (Survei pada Pelanggan yang Menggunakan Jasa Pengiriman di JNE Lamongan)

Sri Dwi Rahmawati

Abstract


Bisnis jasa di Indonesia berkembang cukup pesat, hal ini menyebabkan persaingan di dunia bisnis jasa semakin ketat. PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) merupakan salah satu jasa pengiriman di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan menguji pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat/lokasi, orang, proses dan bukti fisik terhadap keputusan pembelian pada pengguna jasa pengiriman di JNE Lamongan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menggunakan jasa pengiriman di JNE Lamongan dengan sampel sejumlah 96 konsumen. Metode pengambilan data dengan cara menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel bauran pemasaran (marketing mix) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan. Secara parsial marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat/ lokasi, orang, proses berpengaruh secara positif dan signifikan, sedangkan bukti fisik tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel tempat (place) berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Marketing mix berpengaruh sebesar 87.7% terhadap keputusan pembelian pada pengguna jasa pengiriman JNE dan sisanya 12.3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


bauran pemasaran , produk , harga, promosi, tempat, orang, proses, bukti fisik, keputusan pembelian.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang