ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Jatim Park 2 Batu)

Penulis

  • Martha Refita Universitas Gajayana

Abstrak

Indonesia  memiliki  banyak  potensi  dan  sumber  daya  alam  yang  belum
dikembangkan secara maksimal, termasuk didalamnya di sektor pariwisata. Untuk lebih
memantapkan  pertumbuhan  sektor  pariwisata  dalam  rangka  mendukung  pencapaian
sasaran  pembangunan,  sehingga  perlu  diupayakan  pengembangan  produk-produk  yang
mempunyai keterkaitan dengan sektor pariwisata. Pariwisata adalah kunci pembangunan
dan kesehjahteraan. Meningkatnya destinasi dan investasi pariwisata, menjadikan sektor
pariwisata   sebagai  faktor  kunci  dalam  pendapatan  ekspor,  penciptaan  lapangan  kerja,
pengembangan  usaha  dan  infrastruktur.  Pariwisata  menjadi  salah  satu  sektor  ekonomi
terbesar  dan  tercepat  pertumbuhannya  di  dunia.  kondisi  ini  menjadikan  para  pemilik
usaha  berupaya  semaksimal  mungkin  untuk  mampu  bersaing  dan  menjadi  pilihan
masyarakat  dalam  bidang  pariwisata.  Alasan  dipilihnya  Jatim  Park  2  Batu  karena
memiliki konsep wahana wisata serta edukasi yang banyak diminati oleh para pelanggan
dari dalam kota maupun luar kota. Jatim Park 2 juga sedang mengalami persaingan yang
ketat  pada  bisnis  pariwisata.  Pemasaran  sangat  mengharapkan  dapat  mempertahankan
pelanggannya dalam jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya. Pelanggan
yang  puas  biasanya  akan  dengan  senang  hati  merekomendasikan  produk/jasa  dengan
orang-orang  terdekat  mereka.Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  menganalisis
tentang:Untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan, promosi
dan  harga  secara  simultan  maupun  parsial  terhadap  kepuasan  pelanggan  dan  untuk
menguji dan menganalisis variabel yang dominan terhadap kepuasan pelanggan.

Diterbitkan

2018-03-20