PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN (STUDI PADA ALFAMART KORWIL LENEK, LOMBOK TIMUR)

Authors

  • Ardi Satia Budiman Universitas Gajayana

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju, menuntut perusahaan untuk dapat mengoptimalkan tingkat kinerja karyawannya, salah satunya melalui disiplin kerja karyawan terutama pada toko perusahaan ritel Alfamart yang semakin meningkat begitu juga dengan karyawan. Khususnya Alfamart koordinator wilayah Lenek, Lombok Timur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan semangat kerja terhadap isiplin kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori untuk mengetahui hubungan antar variabel satu denan variabel lainnya. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden yang masih masih aktif sebagai karyawan Alafmart koordinator wilayah Lenek. Data analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Lingkungan kerja dan semangat kerja berpengaruh secara simultan terhadap Disiplin kerja karyawan Alfamart koordinator wilayah Lenek. Dan Lingkungan kerja dan Semangat kerja berpengaruh secara parsial terhadap Disiplin kerja karyawan Alfamart koordinator Wilayah Lenek.Sebaiknya perusahaan menigkatkan kualitas lingkungan kerja non fisik seperti komunikasi antar karyawan ataupun komunikasi antar karyawan dan pemimpin. Manajer harus meluangkan waktu untuk mengenal karyawan secara keseluruhan dan harus membangun koneksi yang baik dengan para karyawan agar tercipta komunikasi efektif dan dapat saling terkoneksi antara satu sama lain.

Author Biography

Ardi Satia Budiman, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2021-12-08