INOVASI ATRIBUT WISATA HALAL DAN DAMPAKNYA TERHADAPKEPUASAN DAN LOYALITAS DENGAN EFEK RELIGIUSITAS WISATAWAN MUSLIM SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Satya Ramadhany Djawas Universitas Gajayana

Abstract

Penyebaran COVID-19 dan pembatasan perjalanan skala besar telah menimbulkan pukulan hebat bisnis pariwisata dan telah mengubah keadaan pariwisata di banyak kota di dunia (Wen et al, 2020). Pasar perjalanan Muslim terus tumbuh dan berkembang pesat di tengah lingkungan yang berubah yang merupakan sebagai salah satu pasar tujuan wisata, bisnis, dan entitas terkait wisata dengan pengeluaran tertinggi di dunia. Potensi yang besar pada sektor ini relatif belum dikembangkan secara maksimal.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh hubungan Atribut Wisata Halal terhadap Loyalitas dan/atau melalui Kepuasan dengan efek Religiusitas wisatawan muslim. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Atribut Wisata Halal (X), Religiusitas (M), Kepuasan (Y1) dan Loyalitas (Y2). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan muslim Indonesia yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Sampel yang digunakan sebanyak 310 responden dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan
adalah Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan menggunakan bantuan alat analisis SmartPLS 3.

Hasil penelitian dengan responden yang didominasi oleh mahasiswa berusia 17-27 tahun, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penyematan atribut wisata halal terhadap loyalitas melalui kepuasan. Sedangkan efek religiusitas tidak memoderasi secara signifikan pada hubungan antara atribut wisata halal dan kepuasan maupun loyalitas.

Author Biography

Satya Ramadhany Djawas, Universitas Gajayana

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2021-12-08