Pengaruh Variabel-variabel Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan yang tercantum dalam Indeks LQ 45 Periode 2013-2014)

Aulatun Nisah

Abstract


Dalam melakukan suatu investasi, para investor atau calon investor tentunya mengharapkan keuntungan dari investasi yang ditanamkan. Investor memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan return. Bagi seorang investor, investasi dalam sekuritas yang dipilih tentu diharapkan memberikan tingkat pengembalian (return) yang sesuai dengan resiko yang harus ditanggung oleh para investor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, , rasio solvabilitas, dan rasio profitabilitas yang masing-masing diproksikan secara berurutan dengan current ratio, debt equity ratio, return on asset, dan return on equity secara parsial dan simultan terhadap return saham perusahaan yang tercantum dalam indeks LQ 45.Periode penelitian yang digunakan adalah 2 tahun yaitu periode 2013-2014.
Desain penelitian ini bersifat ex post facto. Populasi penelitian meliputi semua perusahaan yang tercantum dalam indeks LQ 45.Periode penelitian yang digunakan adalah 2 tahun yaitu periode 2013-2014.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh jumlah sampel 56 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.com. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, (2) debt to equity ratio berpengaruh terhadap return saham, (3) Return On Asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham; (4) Return on equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham. Selain itu secara simultan current ratio, debt to equity ratio, return on asset dan return on equity berpengaruh positif dan signifikansi terhadap return saham

Keywords


Return saham, current ratio, debt equity ratio, return on asset, dan return on equity

Full Text:

full text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gajayana e-Repository Sarjana FEB - UNIGA Malang