Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan yang dilakukan dengan sengaja agar anak didik memiliki sikap dan kepribadian yang baik, sehingga penerapan pendidikan harus diselenggarakan dengan Sistem Pendidikan Nasional. Prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor materi, instrumental, guru, sarana prasarana, lingkungan, agama, kebudayaan dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap religiusitas dengan prestasi belajar siswa dan menganalisa besarnya pengaruh sikap religiusitas dengan prestasi belajar siswa di SMA Budi Utomo Prambon Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Sampel terdiri dari 76 responden yang diambil dari kelas X, XI, dan XII. Sampel diambil menggunakan sample random sampling. Data primer dikumpulkan melalui pembagian kuesioner, selanjutnya dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, analisis data mengguankan analisis korelasi, analisis regresi serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian membuktikan Sikap Religiusitas (X) memiliki sumbangan efektif sebesar 36% terhadap prestasi belajar (Y). Kondisi tersebut menyatakan bahwa tingkat konsistensi prestasi belajar sebesar 0,36 (36%) dapat dijelaskan oleh variabel sikap religiusitas, sisanya sebesar 0,64 (64%) dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini seperti pola asuh orang tua, konsep diri, keadaan ekonomi keluarga, pergaulan bebas dan sebagainya. Sikap religiusitas berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Budi Utomo Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Hasil tersebut ditunjukkan dengan angka koefisien korelasi rxy = 0.600 dengan p = 0,000 (p<0,05).
Siswa seharusnya dapat melaksanakan dan menjalankan sikap religiusitas dengan sebaik mungkin yang meliputi aspek iman, aspek islam, aspek ikhsan, aspek amal dan aspek ilmu karena berpengaruh terhadap prestasi belajar. Sebaiknya sekolah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada siswa untuk melaksanakan sikap religiusitas yang terdiri dari aspek iman, aspek islam, aspek ikhsan, aspek amal dan aspek ilmu berpengaruh terhadap prestasi belajar. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti prestasi belajar siswa disarankan untuk mencermati faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa misalnya pola asuh orang tua, konsep diri, keadaan ekonomi keluarga, pergaulan bebas dan sebagainya Peneliti selanjutnya juga dapat meneliti tentang berbagaimacam dampak yang ditimbulkan dari prestasi belajar yang kurang baik dan usaha untuk meminimalisir perilaku negatif tersebut.