FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA KULINER DI MALANG

Main Article Content

Andarwati Andarwati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1). Menguji dan menganalisis pengaruh dari sumberdaya manusia, sumberdaya organisasi, dan strategi terhadap kinerja usaha kuliner di Malang. 2). Menguji dan menganalisis besarnya pengaruh sumberdaya manusia terhadap kinerja dibandingkan dengan besarnya pengaruh sumberdaya organisasi dan strategi terhadap usaha kuliner di Malang. 3) menguji dan menganalisis hubungan antara usia dan ukuran usaha kuliner dengan sumberdaya manusia, sumberdaya organisasi, dan kinerja usaha kuliner di Malang. 4). Menguji dan menganalisis perbedaan kinerja organisasi terhadap kategori usia dan ukuran usaha kuliner di Malang. Sampel penelitian ini adalah usaha kuliner yang ada di wilayah Pemerintah Kota Malang. Hasil survey dari wawancara dan pengisian kuisioner diperoleh dari 35 usaha kuliner dengan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukan bahwa sumberdaya manusia, sumberdaya organisasi dan strategi berpengaruh terhadap kinerja usaha kuliner di Malang. Sumberdaya manusia merupakan variable yang paling dominan berpengaruh terhadap kinerja. Usia dan ukuran mempunyai hubungan dengan sumberdaya manusia, sumberdaya organisasi maupun kinerja usaha kuliner di Malang. Kinerja, sumberdaya manusia dan sumberdaya organisasi berbeda berdasarkan kategori usia maupun ukuran pada usaha rumah makan di Malang.

Article Details

How to Cite
Andarwati, A. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA USAHA KULINER DI MALANG. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(1). Retrieved from https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/116