ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JOMBANG)

Main Article Content

Wildan Habibi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah iklan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan pemasaran langsung berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BRI cabang Jombang, dan diambil sampel 100 orang nasabah secara Non-Probability Sampling dengan pendekatan insidental sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Tahapan analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis
linier berganda dan pengujian hipotesis uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, Iklan, Penjualan Pribadi, Hubungan Masyarakat atau Pemberitaan, Pemasaran Langsung berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan analisis data statistik, indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Hasil uji secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, variabel yang berpengaruh dominan adalah Hubungan masyarakat atau pemberitaan. BRI cabang Jombang perlu mempertahankan elemen yang sudah dinilai baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal
yang masih kurang.

Article Details

How to Cite
Habibi, W. (2018). ANALISIS PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH (STUDI PADA NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA CABANG JOMBANG). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 17(3). Retrieved from https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/181