https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/issue/feedJurnal Ekonomi dan Manajemen2023-01-09T07:08:45+07:00Devi Rahmayantiadminjem@unigamalang.ac.idOpen Journal Systems<p>Manajemen, Manajemen Pendidikan, Ekonomi, Bisnis.</p>https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/688Pengaruh Fasilitas Wisata dan Strategi Promosi Terhadap Kesejahteraan Dimediasi Minat Kunjung Wisatawan Di Ubalan Water Park Mojokerto2022-12-29T08:23:04+07:00Sya’dillahdisporabudparpariwisata@gmail.comDjamal Abdul Naserjamaalnsr@gmail.comAhmadahmad.fip@um.ac.id<p>Penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan pengaruh antara variabel fasilitas wisata dan strategi promosi dimediasi pengaruhnya dengan minat kunjung wisatawan, dengan melibatkan 70 orang responden diambil secara sensus., Hasil pengumpulan data dianalisis dengan hasilnya sebagai berikut: (1) Fasilitas wisata terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan di Ubalan Water Park Mojokerto. (2) Promosi terbukti berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan di Ubalan Water Park Mojokerto. (3) Fasilitas wisata terbukti berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pedagang di sekitar Ubalan Water Park Mojokerto. (4) Promosi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pedagang di sekitar Ubalan Water Park Mojokerto. (5) Minat berkunjung wisatawan terbukti berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pedagang di sekitar Ubalan Water Park Mojokerto. (6) Fasilitas wisata terbukti berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pedagang di sekitar Ubalan Water Park Mojokerto melalui minat berkunjung wisatawan. (7) Promosi tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan pedagang di sekitar Ubalan Water Park Mojokerto melalui minat berkunjung wisatawan.</p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/689Dampak Etika Audit Terhadap Kinerja Melalui Akuntabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah Kota Mojokerto2022-12-29T08:34:13+07:00Riezky Amaliariezkyamalia@polinema.ac.idIwandokoiwandoko@yahoo.comDyah Sawitridyahsawitri19@unigamalang.ac.id<p>Penelitian kuantitatif dengan metode eksplanasi ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan pengaruh antara variabel etika audit dan akuntabilitas aparat terhadap kinerja, yang dilakukan pada Aparat Pengawas Intern Pemerintah yang berstatus PNS dengan masa kerja minimal satu tahun pada Inspektorat Kota Mojokerto. Data terkumpul melalui kuesioner yang disebarkan ke 24 responden yang diambil secara sensus. Hasil pengumpulan data tersebut kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan teknik Path analysis dibantu dengan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terbukti bahwa etika audit berpengaruh terhadap akuntabilitas pengawasan intern Pemerintah kota Mojokerto. (2) Tidak Terbukti bahwa akuntabilitas berpengaruh terhadap kinerja pengawasan intern Pemerintah kota Mojokerto. (3) Terbukti bahwa etika audit berpengaruh terhadap kinerja auditor pengawasan intern Pemerintah kota Mojokerto. (4) Terbukti bahwa etika audit berpengaruh terhadap kinerja auditor melalui akuntabilitas pada pengawasan intern Pemerintah kota Mojokerto.</p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/691Pengaruh Self Efficacy Terhadap Quality Of Work Life Dan Kinerja Karyawan PT. Atlantic Anugrah Metalindo Surabaya Di Era Pandemi Covid-192022-12-29T08:50:32+07:00Ratna Rahayu Setyaningsihitsratnarahayu97@gmail.comIda Aju Brahmasaribrahmasari@untag-sby.ac.idI Dewa Ketut Raka Ardianaardiana@untag-sby.ac.id<p>The purpose of this study was to analyze the impact of self-efficacy on quality of work life and employee performance at PT. Atlantic Anugrah Metalindo Surabaya in the era of the covid-19 pandemic. The population used in this study were all employees of PT. Atlantic Anugrah Metalindo Surabaya. The sampling technique used was total sampling (saturated sample). The research sample amounted to 105 respondents. Collecting data using a questionnaire distributed to all respondents. The collected data was then analyzed usinganalysis techniques Structural Equation Modeling (SEM). The results showed, self efficacy has a positive but not significant effect on quality of work life. Quality of work life has a positive but significant effect on employee performance. Self efficacy has a positive but significant effect on employee performance.</p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/694Pengaruh Promosi Jabatan dan Internal Marketing terhadap Kinerja Melalui Komitmen Pegawai di Bank Jatim Cabang Malang2022-12-29T09:06:43+07:00Ivan Kusuma Tri Sumarnoivan@unigamalangac.id<p>The objectives of this study are: i) Knowing and analyzing the effect of Job Promotion on Performance. ii) Knowing and analyzing the influence of Internal Marketing on Performance. iii) Knowing and analyzing the effect of Job Promotion on Commitment. iv) Knowing and analyzing the influence of Internal Marketing on Commitment. v) Knowing and analyzing the effect of commitment to performance. vi) Knowing and analyzing the effect of Job Promotion on Performance through Commitment. vii) Knowing and analyzing the influence of Internal Marketing on Performance through Commitment. This type of research uses a quantitative research approach. The sample used was 42 respondents with a questionnaire as material for the data analyzed, where the software used for data processing was the SPSS version 18.00 application. Data analysis using path analysis. The results showed that: i) Job Promotion has a positive and significant effect on Commitment. ii) Internal Marketing has a negative and insignificant effect on Commitment. iii) Job Promotion has a positive and significant effect on performance. iv) Internal Marketing has a negative and insignificant effect on performance. v) Commitment has a positive and significant effect on performance. vi) Job Promotion has a direct effect on performance through commitment. vii) Internal Marketing has a direct influence on performance through commitmen.</p> <p> </p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/692Pengaruh Motivasi Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pegawai Tidak Tetap di Lingkungan BAKPIK dan BUK Universitas Negeri Malang)2022-12-29T08:57:03+07:00Wiwid Nurachmawatiwiedzrachma79@unigamalang.ac.id<p>Providing motivation and training for employees is one of the important factors to support increased productivity and employee performance. With high motivation and the provision of training materials can improve the knowledge, skills and abilities of employees so that employees feel satisfied, comfortable and more enthusiastic at work so that employee performance becomes optimal. This study aims to analyze the direct effect of motivation and training on employee satisfaction and performance and the indirect effect of motivation and training on employee performance through satisfaction as a mediating variable. Respondents in this study were 68 non-permanent employees in the Bureau of Academic, Student Affairs, Planning, Information, and Cooperation and the General Bureau of Finance State University of Malang. The analysis tool uses PLS (Partial Least Square) analysis with two measurement sub models, namely the measurement model (outer model) and structural model (inner model) and indirect effect testing using the Sobel test. The results of this study indicate that motivation and training have a direct and significant influence on employee satisfaction and performance, job satisfaction has a direct and significant influence on employee performance, and motivation and training have a significant indirect effect on employee performance through satisfaction as a variable. mediation.</p> <p> </p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/693Pengaruh Program Loyalitas dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Sinar Bahagia Pancor Lombok Timur2022-12-29T09:01:56+07:00Arwin Yafi Rahmatullaharwinyafi@gmail.comAmelindha Vaniaamelindhavania@uin-malang.ac.id<p> </p> <p>Program Loyalitas adalah strategi pemasaran yang berbentuk keanggotaan, yang dirancang untuk memperkuat pertukaran pemasaran lanjutan. Kualitas layanan adalah proses pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan beserta ketepatan penyampaian untuk menyeimbangi harapan pelanggan. loyalitas pelanggan adalah komitmen dari suatu konsumen terhadap produk, merek yang didasarkan atas sikap positif yang tercermin dalam pembelian ulang. Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh Program Loyalitas terhadap Loyalitas pelanggan, 2. Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas pelanggan,3. Untuk mengetahui Program Loyalitas dan Kualitas Layanan yang berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas pelanggan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji asumsi kelasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, uji autukorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program loyalitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. program loyalitas dan kualitas layanan memiliki pengaruh simultan yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.</p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022 https://ejournal.unigamalang.ac.id/index.php/JEM/article/view/690Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas E-Channel Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Kepanjen2022-12-29T08:45:28+07:00Evy Winda Herviyantiepphie.phie@gmail.comErnani Hadiyatiernani_hadiyati@yahoo.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis imbas mutu layanan dan fasilitas e-channel dengan cara simultan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Kepanjen. (2) Menganalisis akibat mutu layanan kepada kepuasan pelanggan di PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Kepanjen. (3) Menganalisis hasil fasilitias e-channel kepada kepuasan nasabah di PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Kepanjen. (4) Menganalisis variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT. Bank Jatim, Tbk Cabang Kepanjen. Riset ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 97 responden dengan teknik Slovin dengan menggunakan kuesioner sebagai pengumpul data dan dianalisis dengan formulasi regresi berganda menggunakan <em>Software SPSS </em>versi 18. Hasil dari penelitian ini membuktikan: (1) Kualitas Layanan dan Fasilitas <em>E-Channel</em> mempunyai dampak yang penting secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan. (2) Mutu Jasa membagikan akibat yang penting dengan cara partial kepada Kepuasan Pelanggan. (3) Fasilitas <em>E-Channel</em> berpengaruh yang signifikan secara partial terhadap Kepuasan Nasabah. (4) Mutu Layanan memiliki nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar dinandingkan variabel lain. Alhasil variabel Mutu Jasa memiliki akibat yang sangat kuat dibanding dengan variabel yang yang lain hingga variabel Mutu Pelayanan memiliki akibat yang dominan kepada Kepuasan Pelanggan.</p>2021-10-21T00:00:00+07:00Copyright (c) 2022