Main Article Content
Abstract
Dalam terminologi pemasaran dapat dikatakan bahwa tujuan perusahaan terkait dengan pemasaran saat ini telah bergeser dari akuisisi pembeli (customer acquisition) kepada kesetiaan pelanggan (customer retention / customer loyalty). Toko Buku Togas Mas Kediri merupakan toko yang bergerak di bidang penjualan buku terlengkap yang menjual banyak koleksi buku, novel dan artkel baik penulis dan penerbit dalam maupun luar negeri yang bisa dikunjungi. Toko Buku Togas Mas Kediri berusaha menciptakan pelanggan yang loyal, dan terus – menerus melakukan perbaikan kinerja pelayanan, mengingat pesaing terbesar adalah toko – toko bajakan yang harganya murah. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan dampak kepuasan tersendiri kepada konsumen karena produk yang berkualitas dan konsumen yang merasa puas akan membeli kembali produk di Toko Buku Togas Mas Kediri .
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor – faktor yaitu kualitas produk (x1) , kualitas layanan (x2), dan membership card (x3) yang mempengaruhi loyalitas pelanggan (y) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian mengambil studi kasus “Toko Buku Togas Mas Kediri” Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Regresi Linear Berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 15.0 dan metode pengumpulan data berupa kuesioner dengan responden sebanyak 100 orang yang merupakan member di Toko Buku Togas Mas Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial dari ketiga variable, dan berdasarkan hasil rentang skala juga hasil analisis regresi linier berganda Variable Membership Card sebesar 0,509 memiliki pengaruh paling besar terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Buku Togas Mas Kediri.