Meningkatkan Mutu Anak Usia Dini Melalui Program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif Pada Tahun 2015
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk membahas perkembangan pendidikan anak usia dini yang bermutu di masa yang akan datang dengan pendekatan analisis referensi dari berbagai sumber rujukan. Pembahasan utama dalam tulisan ini adalah meningkatkan mutu usia dini melalui pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUDHI) pada tahun 2015 dengan beberapa indikator antara lain: 1) Efektivitas Program Satu Desa Satu PAUD, Keberadaan Bunda PAUD, dan Partisipasi dari Komunitas Masyarakat penyelenggara program PAUD dalam mendongkrak capaian APK PAUD 68,1% di tahun 2014, 2) Adanya kesadaran masyarakat dalam menyelenggarakan program pendidikan keorangtuaan (parenting education). Secara umum melalui program pendidikan anak usia dini holistik integratif berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini di Indonesia.