MAKNA KEBAHAGIAAN GURU SEKOLAH YANG MASIH LAJANG PADA MASA DEWASA AWAL (STUDI INDIGENOUS)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali dan menggambarkan bagaimana makna kebahagiaan Guru sekolah yang masih lajang pada masa dewasa awal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan indigenous. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Tulungagung dengan subjek penelitian berjumalah 30 orang yaitu 5 orang menggunakan wawancara mendalam dan 25 orang menggunakan open-ended questionnaire dengan karakteristik subjek yaitu Guru Perempuan bersuku Jawa yang bekerja berusia 30-40 tahun dan tinggal di Tulungagung. Teknis analisis data dengan membuat koding dan teknik keabsahan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah makna kebahagiaan guru sekolah yang masih lajang pada masa dewasa awal di Tulungagung adalah pertama, selalu bersyukur, bagi mereka selalu mensyukuri apa yang sudah didapatkan saat ini merupakan hal yang paling utama karena dengan bersyukur mereka percaya kenikmatan yang sudah dirasakan akan ditambah oleh Tuhan. Yang kedua adalah tetap memiliki harapan. Dengan tetap memiliki harapan mereka dapat membesarkan hatinya untuk selalu merasa bahagia.