POLA PERILAKU INFLASI PADA HARI RAYA KEAGAMAAN DI KOTA MALANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku Inflasi saat hari raya keagamaan di Kota Malang. Metode analisis deskriptif dipilih untuk mengetahui rata-rata dan standar deviasi. Analisis rata-rata digunakan untuk memberi gambaran secara umum mengenai pola Inflasi di Kota Malang selama kurun waktu 2014-2016. Sedangkan analisis standar deviasi diharapkan dapat menjelaskan penyebaran data sehingga dapat memberi sinyal awal adanya data yang ekstrim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kelompok bahan makanan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga serta kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau berpengaruh signifikan terhadap pola inflasi Kota Malang. (2) Kelompok bahan makanan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga serta kelompok transport, komunikasi dan jasa komunikasi berpengaruh terhadap inflasi Kota Malang. (3) Kelompok bahan makanan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga serta kelompok transport, komunikasi dan jasa komunikasi berpengaruh secara bersama-sama dan significant terhadap inflasi Kota Malang dalam kurun waktu 2014-2016. Dengan demikian, terdapat kecenderungan inflasi akan meningkat ketika sebulan sebelum bulan hari raya keagamaan baik Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Natal, namun pada saat Tahun Baru kecenderungan menurun setelah satu bulan.