ATRIBUT WISATA HALAL SEBAGAI PENINGKATAN DAYA SAING PARIWISATA

Authors

  • Martaleni Universitas Gajayana Malang
  • Jose Rizal Joesoef Universitas Gajayana Malang
  • G. Budi Wahyono Universitas Gajayana Malang

Abstract

Wisata halal merupakan sebuah cara baru dalam meningkatkan daya saing pariwisata baik pada tingkat Nasional maupun International. Meningkatnya jumlah wisatawan Muslim secara global, menjadikan penawaran wisata halal merupakan sebuah keniscayan bagi pelaku pariwisata. Wisatawan muslim dalam perjalanan wisatanya, lebih memperhatikan atribut-atribut wisata yang tersedia di tujuan wisatanya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi atributatribut wisata halal sebagai peningkatan daya saing destinasi wisata Bromo Tengger Semeru (BTS). Melalui pendekatan kualitatif penelitian ini mengungkapkan bahwa BTS merupakan sebuah destinasi yang telah berorientasi untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim. BTS dapat memiliki daya saing sebagai wisata halal yang ditunjukkan dengan dua faktor, yaitu sebagai wisata yang ramah keluarga dan memiliki kesadaran halal.

Author Biographies

Martaleni, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jose Rizal Joesoef, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

G. Budi Wahyono, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Published

2020-11-26

Issue

Section

Articles