Pengukuran Penilaian Masyarakat / Pelanggan terhadap Pelayanan Pendidikan dengan Metode ServQual
Abstract
Setiap usaha baik usaha produk barang maupun jasa, termasuk jasa pendidikan pada dasarnya dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pelanggan. Hanya lembaga pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan atau kepuasan pelanggan yang dapat bertahan. Untuk mengetahui keadaan pelayanan pendidika, perlu dilakukan pengukuran penilaian masyarakat/pelanggan. Hasil penilaian perlu disebar luaskan sehingga masyarakat dapat menentukan mana pelayanan pendidikan yang layak untuk dipilih, mana yang harus dihindari. Akhirnya masyarakat yang akan mengadili lembaga pendidikan yang ada.
Metode ServQual merupakan cara pengukuran kepuasan pelanggan yang sederhana, mudah digunakan dan di interpretasikan, dan cara ini dapat digunakan untuk semua pengukuran yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan, tidak terkecuali bidang pendidikan.