Laporan Pengabdian Masyarakat : Pelatihan Komite Pembelajaran - Pembelajaran Paradigma Baru / Kurikulum Merdeka

Authors

  • Risa Juliadilla Universitas Gajayana Malang

Abstract

Program Sekolah Penggerak (PSP) merupakan katalis dalam mewujudkan visi misi pendidikan Indonesia yang berfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistik serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila merupakan paradigma pendidikan yang baru. Terdapat 5 prinsip pembelajaran paradigma baru yaitu 1) pembelajaran dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian siswa yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan, 2) membangun kapasitas untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, 3) proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistic, 4) pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya siswa, serta melibatkan orangtua dan masyarakat sebagai mitra, 5) pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan.
Sekolah yang telah lulus menjadi Sekolah Penggerak akan didampingi fasilitator untuk bertranformasi perlahan hingga mandiri. Adanya proses pendampingan dari fasilitator dilakukan secara integrasi mulai dari SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan serta digitalisasi. Sekolah yang menjadi Sekolah Penggerak akan melewati Diklat. Pelatihan Komite Pembelajaran merupakan salah satu cara untuk sekolah bertransformasi. Komite Pembelajaran (PKP) akan diikuti oleh kepala sekolah dan perwakilan guru setiap sekolahnya. Narasumber dari diklat ini adalah fasilitator yang bertugas mendampingi sekolah. Sebelumnya narasumber
telah melalui bimbingan teknis secara intensif.

Author Biography

Risa Juliadilla, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya

Published

2022-08-20

Issue

Section

Articles