Analisa Atribut Citra Destinasi Wisata: Implikasi Terhadap Perencanaan Pariwisata

Penulis

  • Martaleni Martaleni Universitas Gajayana Malang
  • Gunadi Gunadi Universitas Gajayana Malang

Kata Kunci:

citra, Kota Batu, destinasi wisata, persepsi, wisatawan

Abstrak

Citra sebuah destinasi wisata menjadi faktor kunci yang menjadi pertimbangan wisatawan dalam pengambilan keputusan terhadap destinasi wisata yang akan dikunjungi. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji atribut  apa saja yang menjadi citra destinasi wisata Kota Batu dan untuk melihat persepsi wisatawan terhadap citra destinasi wisata Kota Batu dari perspektif demografi serta implikasi strategi pemasaran terhadap perencanaan periwisata. Dari data yang terkumpul sebanyak 240 sampel dilakukan  analisa dengan  Explanatory Faktor Analysis dan ANOVA (Analysis of Variance). Temuan penelitian ini dapat mengeksplor 4 faktor yang menggambarkan citra destinasi wisata Kota Batu, yaitu: (1) faktor atraksi wisata, (2) kualitas lokasi, (3) penduduk setempat dan (4) faktor pendukung. Atraksi wisata menjadi faktor utama citra destinasi wisata Kota Batu, yang mampu menyuguhkan Kota Batu sebagai Kota tempat relaksasi, sebagai Kota bunga, Kota yang bersih dan Kota yang aman untuk berwisata. Wisatawan memberikan persepsi yang berbeda terhadap citra destinasi wisata Kota Batu bila ditinjau dari daerah asal wisatawan. Namun, dari perspektif  umur, jenis kelamin dan pendidikan,  wisatawan memberikan persepsi yang sama terhadap citra destinasi wisata Kota Batu.

Biografi Penulis

Martaleni Martaleni, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Gunadi Gunadi, Universitas Gajayana Malang

Fakultas Teknik dan Informatika

Diterbitkan

2016-09-20

Terbitan

Bagian

Articles