STRATEGI PEMASARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBANGUN KEBERLANJUTAN USAHA PADA USAHA KECIL MENENGAH : SUATU PENDEKATAN KONSEP

Kata Kunci:

Strategi, Pemasaran Kewirausahaan, Keberlanjutan Usaha dan UKM

Abstrak

Pemasaran kewirausahaan adalah sebuah konsep yang merupakan pendekatan yang lebih tepat dalam hal keterbatasan sumber daya dan masalah yang ada pada Usaha Kecil Menengah. Konsep pemasaran kewirausahaan mengeksplorasi nilai-nilai, keterampilan, dan perilaku seorang pengusaha dalam menangani masalah usahanya dan menemukan peluang bisnis. Pengembangan keterampilan kewirausahaan dan pemasaran sangat penting sebagai upaya keberlanjutan usaha. Konsep pemasaran kewirausahaan berfokus pada unsur-unsur inovasi dan pengembangan ide-ide sesuai dengan perkembangan pasar adalah kunci bagi kelangsungan hidup, pengembangan dan keberhasilan usaha kecil. Dalam membangun keberlanjutan usaha UKM di Indonesia hal ini tidak terlepas dari peran pemerintah melalui berbagai kebijakan sebagai strategi pembangunan untuk pemberdayaaan UKM yang diintegrasikan dengan organisasi non pemerintah dan Perguruan Tinggi. Pemberdayaan usaha UKM memerlukan pemahaman bahwa UKM harus mampu berinovasi, berkolaborasi serta memiliki keunggulan dalam bersaing secara teknis, ekonomis, sosial yang dapat mempertahankan kelangsungan usahanya. Tujuan penulisan artikel adalah : pertama, identifikasi konsep strategi pemasaran kewirausahaan dalam membangun keberlanjutan usaha pada UKM. Kedua : menghasilkan suatu model konsep strategi pemasaran kewirausahaan dalam membangun keberlanjutan usaha pada UKM. Methode yang digunakan dengan mengkaji referensi jurnal dari hasil penelitian sektor UKM dalam dan luar negeri sehingga mampu merumuskan suatu konsep model.  Hasil penulisan artikel menghasilkan suatu pendekatan konsep pemasaran kewirausahaan dalam membangun keberlanjutan usaha pada UKM di Indonesia. Kesimpulan : Pemasaran kewirausahaan merupakan pendekatan konsep yang sangat tepat di implementasikan  pada UKM untuk membangun keberlanjutan usaha.

Diterbitkan

2019-04-24

Terbitan

Bagian

Articles