STUDI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK BERWIRAUSAHA

Kata Kunci:

Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Pemasaran, Minat Berwirausaha, Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan pemasaran terhadap minat mahasiswa untuk berwirausaha. Lokasi penelitian pada Politeknik Negeri Malang (Polinema). Jenis penelitiannya adalah Explanatory Research, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara dua variabel atau lebih.  Jenis data penelitian adalah data primer. Populasi penelitian adalah mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga dan Akuntansi tingkat akhir baik jenjang D-3 maupun D-4. Sampel penelitian berjumlah 87 mahasiswa.  Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner.  Kuesioner disebarkan kepada mahasiswa (responden) sesuai jumlah yang telah ditentukan berdasarkan teknik proporsional random sampling. Model analisa data dengan multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan pemasaran baik secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.  Berdasarkan hasil perbandingan koefisien regresi dari variabel bebas diketahui bahwa variabel pendidikan kewirausahaan mempunyai pengaruh paling besar terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Diterbitkan

2019-04-24

Terbitan

Bagian

Articles