ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Jatim Park 2 Batu)
Abstract
Indonesia memiliki banyak potensi dan sumber daya alam yang belumdikembangkan secara maksimal, termasuk didalamnya di sektor pariwisata. Untuk lebih
memantapkan pertumbuhan sektor pariwisata dalam rangka mendukung pencapaian
sasaran pembangunan, sehingga perlu diupayakan pengembangan produk-produk yang
mempunyai keterkaitan dengan sektor pariwisata. Pariwisata adalah kunci pembangunan
dan kesehjahteraan. Meningkatnya destinasi dan investasi pariwisata, menjadikan sektor
pariwisata sebagai faktor kunci dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja,
pengembangan usaha dan infrastruktur. Pariwisata menjadi salah satu sektor ekonomi
terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia. kondisi ini menjadikan para pemilik
usaha berupaya semaksimal mungkin untuk mampu bersaing dan menjadi pilihan
masyarakat dalam bidang pariwisata. Alasan dipilihnya Jatim Park 2 Batu karena
memiliki konsep wahana wisata serta edukasi yang banyak diminati oleh para pelanggan
dari dalam kota maupun luar kota. Jatim Park 2 juga sedang mengalami persaingan yang
ketat pada bisnis pariwisata. Pemasaran sangat mengharapkan dapat mempertahankan
pelanggannya dalam jangka panjang, bahkan jika mungkin untuk selamanya. Pelanggan
yang puas biasanya akan dengan senang hati merekomendasikan produk/jasa dengan
orang-orang terdekat mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
tentang:Untuk menguji dan menganalisis pengaruh variabel kualitas pelayanan, promosi
dan harga secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan dan untuk
menguji dan menganalisis variabel yang dominan terhadap kepuasan pelanggan.
Published
2018-03-20
Issue
Section
Artikel